50 Universitas Terbaik di Indonesia

Assalamualaikum Wr Wb

Hi Shobat IniFikiranku,
Selamat Datang di IniFikiranku. Tempatnya Info Unik, Terbaik, Lirik dan Musik.

Shobat Pendidikan adalah salah satu hal yang bisa membuat perekonomian di negeri Indonesia ini. Mulai dari PAUD, TK, SD, SMP, SMA bahkan sampai ke bangku Universitas atau Perguruan Tinggi adalah jenjang yang sangat penting. Sekarang ini memilih pendidikan haruslah yang Terbaik. PAUD, TK, SD, SMP, SMA dan bangku Universitas atau Perguruan Tinggi kita harus memilih yang terbaik, karena apa yang kita pilih sekarang akan berpengaruh pada apa yang akan datang. Kalau sekarang kita memilih yang terbaiki nanti kita juga mendapat yang terbaik. Sesuai pembahasan di atas kali ini kami akan memberikan informasi kepada para Shobat IniFikiranku 50 Universitas atau Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia, dengan 10 Universitas atau Perguruan Tinggi  dibahas mendetail  dan 40 Universitas atau Perguruan Tinggi kami tidak bahas secara mendetail.

Langsung Saja Ini Dia

50 Universitas atau Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia


1. Institut Teknologi Bandung (Bandung)

ITB adalah salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Menurut pemeringkatan universitas berdasarkan tingkat kepopuleran suatu Institusi pendidikan di dunia maya, dengan jumlah sampel sebanyak lebih dari 9200 institusi tahun 2010 oleh 4icu.org. Menurut penilaian lembaga pemeringkatan perguruan tinggi asal Inggris tahun 2009, THE-QS, ITB menduduki peringkat 80 dunia di bidang Engineering dan IT, satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang mampu menembus 100 besar pemeringkatan, diikuti oleh Universitas Indonesia. Peringkat pertama sendiri diduduki oleh MIT.

2. Universitas Indonesia (Depok)

Universitas Indonesia, disingkat UI, adalah sebuah perguruan tinggi di Indonesia. Kampus utamanya terletak di bagian Utara dari Depok, Jawa Barat, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. UI secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.

3. Universitas Gadjah Mada (Yogyakarta)

Tahun 2008, UGM berada pada peringkat 360 Dunia (Terbaik di Indonesia), disusul Universitas Indonesia pada posisi kedua dan Institut Teknologi Bandung di posisi ketiga. Pada Tahun 2010, Posisi UGM meningkat menjadi Peringkat 250 Dunia, Peringkat dibuat menurut versi Times Higher Education Supplement World University Rankings. Rangking Webometric Universitas Dunia menempatkan UGM di Rangking 72 di Asia, Posisi UGM merupakan Rangking Pertama di Indonesia secara konsisten dalam 5 tahun berturut-turut : 2007, 2008, 2009, 2010, dan 2011. Peringkat Dunia UGM tidak hanya unggul pada level Universitas. Pada level Fakultas (atau Kelompok Keilmuan), UGM mendominasi Peringkat Terbaik di Indonesia.
Peringkat 47 Dunia untuk Kategori Ilmu Sosial (Terbaik di Indonesia): meliputi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum dan Fakultas Psikologi. Peringkat 70 Dunia untuk Kategori Ilmu Humaniora (Terbaik di Indonesia) : meliputi Fakultas Ilmu Budaya dan Fakultas Filsafat. Peringkat 73 Dunia untuk Kategori Ilmu Hayati dan Biomedis (Terbaik di Indonesia): meliputi Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Kedokteran Hewan, Fakultas Biologi, Fakultas Farmasi, Fakultas Pertanian, Fakultas Peternakan, Fakultas Teknologi Pertanian, dan lain-lain.
Universitas Gadjah Mada merupakan Universitas dengan Sistem Penjaminan Mutu Terbaik di ASEAN bersama dengan National University of Singapore dan Chulalongkorn University.


4. Universitas Gunadarma (Depok)

Pada 7 Agustus 1981 berdiri Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) di Jakarta yang tiga tahun kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. Enam tahun kemudian, tepatnya pada 13 Januari 1990, berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). Pada tahun 1993, STMIK dan STIE membuka Program Magister dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi untuk STMIK serta Magister Manajemen untuk STIE. Selanjutnya, melalui S.K. Dirjen DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma melebur menjadi UNIVERSITAS GUNADARMA bersama dengan empat fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra. Membuka milenium baru, Universitas Gunadarma membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 55/DIKTI/2000 yang diikuti dengan pembukaan Program Doktor Teknologi Informasi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 3716/P/T/2002.
Setelah melalui perjuangan panjang dalam menghadapi berbagai tantangan, Universitas Gunadama telah menjelma menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia. Pengalaman selama 25 tahun yang diiringi pengabdian dan dedikasi tenaga pengajar; komitmen yayasan dan pimpinan; pengadaan fasilitas pembelajaran serta kepercayaan masyarakat, Universitas Gunadarma terus berupaya menghasilkan lulusan yang berguna dan bisa mendarmabaktikan kompetensinya demi membangun masa depan bangsa yang lebih baik.


5. Universitas Pendidikan Indonesia (Bandung)

Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) merupakan salah satu SPs tertua di Indonesia dengan komitmen yang kuat terhadap mutu. Sejarahnya bermula pada tahun 1968 dengan dibukanya Lembaga Pendidikan Post Doktoral (LPPD) yang kemudian berubah menjadi Sekolah Pasca Sarjana (1977-1982), Fakultas Pascasarjana (1983-1990), Program Pascasarjana (1991-2005), dan tahun 2006 kembali menjadi Sekolah Pascasarjana. SPs UPI menyelenggarakan Program Magister Pendidikan dan Non-Pendidikan (S2) serta Program Doktor Pendidikan (S3).

6. Universitas Diponegoro (Semarang)

Universitas Diponegoro, lebih dikenal dengan singkatan UNDIP, adalah sebuah universitas di Jawa Tengah, Indonesia yang didirikan pada tahun 1956 sebagai universitas swasta dan baru mendapat status perguruan tinggi negeri pada 1961. Kata Diponegoro diambil dari pahlawan nasional yang merupakan seorang pangeran dari Jawa Tengah yang mengobarkan semangat kemerdekaan dari tindakan kolonialisme Belanda di awal abad ke-18. Semangat ini turut menginspirasi pendirian UNDIP.
Terkait hubungan Indonesia dengan Malaysia yang memanas, pada Agustus 2009, rektor perguruan tinggi Susilo Wibowo menyatakan bahwa Universitas Diponegoro Semarang sudah berhenti menerima pelajar Malaysia bagi tahun akademik 2009-10.

7. Universitas Sebelas Maret (Surakarta)

Universitas Sebelas Maret, biasa disingkat sebagai UNS, atau Universitas Sebelas Maret adalah salah satu universitas negeri di Indonesia yang berada di Kota Surakarta. Universitas yang giat membangun ini, menyediakan berbagai paket pendidikan diploma, sarjana, pascasarjana, dan doktoral.

8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Surabaya)

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) adalah sebuah perguruan tinggi di Surabaya.
Institut Teknologi Sepuluh Nopember merupakan salah satu perguruan tinggi teknik terbesar di Indonesia, yang merupakan pusat unggulan sains dan teknologi di Indonesia. ITS terkenal dengan keunggulan di bidang teknologi perkapalan dan robotika. Saat ini ITS sedang dalam proses untuk mendapatkan international recognition sehingga mulai tahun akademik 2005/2006 ITS tidak hanya menerima lulusan SLTA Indonesia, tapi juga pelajar lulusan luar negeri.


9. Universitas Airlangga (Surabaya)

Universitas Airlangga, adalah perguruan tinggi negeri yang terdapat di kota Surabaya, Jawa Timur. Berdiri pada tahun 1954, Unair merupakan salah satu jajaran PTN terkemuka di Indonesia. Saat ini terdapat lebih dari 21.949 mahasiswa terdaftar di Unair. Pada tahun 2009, terdapat 13 fakultas dan program pascasarjana di Unair.

10. Institut Pertanian Bogor (Bogor)

Institut Pertanian Bogor adalah sebuah perguruan tinggi pertanian negeri yang berkedudukan di Bogor.
IPB melepaskan diri dari Universitas Indonesia (UI) pada tanggal 1 September 1963. Rektor IPB untuk periode 2008-2012 adalah Prof. Dr. Ir. Herry Suhardiyanto, M.Sc.


Adapun Universitas atau Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia yang berada di peringkat 11-50 adalah :


11. Universitas Sumatera Utara (Medan)
12. Universitas Padjadjaran (Bandung)
13. Universitas Islam Indonesia (Yogyakarta)
14. Universitas Brawijaya (Malang)
15. Universitas Mercu Buana (Jakarta)
16. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Yogyakarta)
17. Universitas Kristen Petra (Surabaya)
18. Universitas Sriwijaya (Palembang)
19. Universitas Surabaya (Surabaya)
20. Universitas Muhammadiyah Malang (Malang)
21. Universitas Negeri Yogyakarta (Yogyakarta)
22. Universitas Bina Nusantara (Jakarta)
23. Universitas Muhammadiyah Surakarta (Surakarta)
24. Universitas Negeri Malang (Malang)
25. Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Jakarta)
26. Universitas Negeri Semarang (Semarang)
27. Universitas Andalas (Padang)
28. Universitas Hasanuddin (Makassar)
29. Universitas Komputer Indonesia (Bandung)
30. Universitas Lampung (Bandar Lampung)
31. Universitas Udayana (Badung)
32.Universitas Ahmad Dahlan (Yogyakarta)
33. Universitas Esa Unggul (Jakarta)
34. Universitas Bengkulu (Bengkulu)
35. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (Yogyakarta)
36. Universitas Jember (Jember)
37. Universitas Tarumanagara (Jakarta)
38. Universitas Trisakti (Jakarta)
39. Universitas Jenderal Soedirman (Purwokerto)
40. Universitas Negeri Surabaya (Surabaya)
41. Universitas Sam Ratulangi (Manado)
42. Universitas Negeri Padang (Padang)
43. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (Tangerang)
44. Universitas Riau (Pekanbaru)
45. Universitas Syiah Kuala (Banda Aceh)
46. Universitas Negeri Medan (Medan)
47. Universitas Paramadina (Jakarta)
48. Universitas Pendidikan Ganesha (Singaraja)
49. Universitas Trunojoyo (Bangkalan)
50. Universitas Mulawarman (Samarinda)

Data 50 Universitas atau Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia  di atas kami peroleh dari http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14725773 berdasarkan riset 4ICU (4 International Colleges and Universities).

Shob lihat juga Daftar Perusahaan Media Terbesar di Indonesia

Wassalamualaikum Wr Wb.

32 komentar:

  1. Banyak juga rupanya,bagi yang lg cari cocok nih,thx dah share gan.

    BalasHapus
  2. wah ini kayaknya ga valid.. ada salah satu PTS IT Terbaik di Indonesia yg lokasinya di bandung coret yg ga masuk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Bang Ini Berdasarkan Riset dari 4ICU (4 International Colleges and Universities)

      berbagai lembaga mempunyai hasil riset yang berbeda.
      mohon maaf apabila hasil riset dari 4ICU tidak sesua yang abang inginkan. Sekali lagi saya moho maaf

      Hapus
  3. masa sih univ. gunadarma peringkat ke3 seindonesia?saya rasa ada yang jauh lebih bagus dr itu.dan saya juga yakin yang menduduki peringkat hingga 10 mungkin dr perguruan tinggi negeri semua.anda menilai peringkat ini dr mana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini brdasarkan riset 4ICU (4 International Colleges and Universities).

      Hapus
    2. anda meriset dari mana sihh!!!.... menurut polling metrotv pringkat1-5 PTN semua...Gunadarma mengalahkan UNPAD,IPB,UNPAR,UGM.,kok bisa ya????...aduh data anda bener2 data pesanan salah satu 3 besar itu kali!!!!!

      Hapus
    3. Gitu aja di ributin,Univ saya saja tidak ada dalam list santai santai saja hehehe ( Helsinki University )

      Hapus
  4. trimakasih untuk infox sangat bermanfaat,

    BalasHapus
  5. mungkin yang buat thread ini mahasiswa gunadarma,, makanya gunadarma dijadikan peringkat tiga.. padaha gak masuk akal banget..

    BalasHapus
  6. salah...................UGM no 1. lihat data terbaru

    BalasHapus
  7. Blog ngawuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuur... hayal... g uptodite

    BalasHapus
  8. Katanya UGM sejak tahun 2009 rank teratas dunia di Indonesia... dia atas UI.... kq di rank 3.lihat whoiiiiii.....ITB mana prestasinya UI mana prestasinya

    BalasHapus
  9. TIDAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAK
    valiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiidddddddddd!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!111111

    BalasHapus
  10. apa ini gunadarma, kos bisa2 nya peringkat ke 3 , kwkwkwkw mules ni peyuttt

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau mau valid lihat di web nya Dikti aja brooo

      Hapus
  11. My Almamater pantas kesatu

    BalasHapus
  12. tks gan dah share.. qta hargai hasil agan ni mas bro dan mbak brow..
    *mghakimi org lbh mdh, drpd (skdr) introspeksi k diri sndiri* ~ (kontemplasi)
    maju truz gaaan..

    BalasHapus
  13. kalo mau valid silahkan lihat nih di dikti

    http://www.dikti.go.id/?p=4350&lang=id

    BalasHapus
  14. universitas berpresentase kecil utk menciptakan prestasi. Ynag penting diri kita sendiri mas bro

    BalasHapus
  15. Waduh,... agak ngawur kayaknya.
    UNS diatas Unair,ITS, IPB, Brawijaya, Unpad? Parameternya apa? kekekekekke super ngawur.

    BalasHapus
  16. walaupun sekarang jabatan saya full ibu rumah tangga, tapi bangga juga sih pernah kuliah di univ peringkat satu... hehehe.

    ups kelupaan,kapan2 kunjungi blog saya ya ,
    di http://unduhbeasiswa.blogspot.com

    thanks...

    BalasHapus
  17. mestinya peringkat ini harus di update dan harus diikuti penjelasan empiris sebagai parameternya sehingga betul-betul valid dan bisa dipertanggungjawabkan secara publik, ini sebagai kritik positif agar selanjutnya ada perubahan yang logis dan tidak gegabah, Tapi lumayan sebagai sebuah pendapat

    BalasHapus
  18. universitas harvard gua gak masuk ya di sini ciakkak...

    BalasHapus
  19. ya.....ampunnnnn......UIT MAKASSAR mnaaaaa? knapa tdk TERDAFTAR...?????

    BalasHapus
  20. ini berdasarkan prestasi? ini berdasarkan katakunci universitas saja.semakin banyak mengetik, rangkingnya naik

    BalasHapus
  21. Mau masuk universitas terbaik jadi orang tua bangga

    BalasHapus